Selamat Datang di Hasbimedia.com
Kekuatan Ultra Instinct Goku di Dragon Ball Super

Kekuatan Ultra Instinct Goku di Dragon Ball Super

Goku-ultra-instinct-adalah

Kekuatan Ultra Instinct Goku ‘身勝手の極意,  ‘Migatte no Gokui’ ‘Mastery of Self-Movement’ merupakan transformasi baru di Anime Dragon Ball Super setelah Super Saiyan Blue.

Kekuatan-ultra-instinct-goku-adalah
https://nekoar.deviantart.com/art/Ultra-Instinct-Goku-wtf-708602960

Transformasi dari karakter utama dari Dragon Ball Z sejak tahun ’90 an ini yaitu Son Goku sudah sangat dinanti-nantikan kemunculan resminya sejak poster gambar Goku dengan form Ultra Instinct mulai beredar di internet diantara para fans Dragon Ball Super beberapa minggu sebelum kemunculannya secara resmi.

Apa Itu Ultra Instinct Goku?


Ultra instinct goku adalah teknik bela diri yang mengandalkan pergerakan tubuh dengan sendirinya mampu bereaksi terhadap setiap ancaman tanpa penggunanya ‘di sini Goku’ harus memikirkan cara untuk menghindari ancaman tersebut 'self-body movement'.

Dengan kata lain, ketika menggunakan ultra instinct, atau kekuatan ini bangkit, setiap anggota tubuh Goku bisa mengantisipasi serangan dengan reaksi sangat cepat sesuai kehendaknya sendiri. Ini seperti tubuh memiliki otaknya sendiri untuk berpikir.

Kemunculan Ultra Instinct di Dragon Ball Super


Ultra instinct pertama kali diperkenalkan di Dragon Ball Z the Movie: Ressurrection F yang rilis pada 2015. Kala itu, Beerus menggunakan teknik ini saat melawan Super Saiyan 3 Goku di planet Supreme Kai dan ketika menghindari serangan para Z Fighter di pesta ulang tahun Bulma di atas kapal pesiar.

Sedangkan, kebangkitan ultra instinct oleh Goku baru terjadi di episode 110 di tengah pertarungannya melawan Jiren pada turnamen kekuatan antar alam semesta.

Ledakan bola semangat yang digunakan oleh Goku untuk mengalahkan Jiren malah balik mengenai Goku dan akibat dari ledakan dahsyat tersebut menghancurkan pembatas yang selama ini menghalangi potensi dari dalam diri Goku. Inilah awal lahirnya ultra instinct Goku seperti yang dijelaskan oleh Whis.

Kekuatan Ultra Instinct


Kekuatan dari ultra instinct Goku ini sangat luar biasa. Dalam mode ini, Goku mampu mengimbangi Jiren yang sebelumnya dapat dengan mudah mengalahkan Goku bahkan dalam bentuk Super Saiyan Blue yang saat ini merupakan perubahan terkuat milik Son Goku.

Kekuatan ultra instinct memungkinkan Goku dapat menangkis, menghindari serangan lawan sekuat apa pun. Termasuk saat melawan Jiren.

Kelemahan Ultra Instinct 


Akan tetapi, teknik ini juga memiliki kelemahan. Ketika sedang bertarung dalam mode UI, stamina Goku terkuras dengan sangat cepat, mengeluarkan hawa panas yang menjadi batas penggunaan UI. Selain itu pula, berakibat rasa sakit luar biasa yang dirasakan oleh tubuh sehingga membutuhkan waktu memulihkan diri setelah penggunaannya.

Dalam arti kata, Goku akan sangat rentan setelah bertarung dengan Ultra Instinct karena tubuhnya akan sangat lemah.

Kebangkitan Ultra Instinct Goku tidak terjadi hanya sekali. Kembali, ketika melawan Kefla yang mempunyai kekuatan luar biasa besar, desakan yang diberikan oleh ki luar biasa milik Kefla tersebut sekali lagi membuat Goku mampu menggunakan ultra instinct untuk kedua kalinya.

Di hadapan teknik baru ini, Kefla yang luar biasa kuat menjadi tidak ada apa-apanya. Setiap serangannya kepada Goku berhasil dimentahkan dengan sangat-sangat mudah seakan kekuatan mereka berdua menjadi sangat timpang. Duel antara Goku Ultra Instinct vs Kefla akhirnya dimenangkan oleh Son Goku.

Namun, dibalik kekuatan ultra instinct yang begitu luar biasa, masih ada sebuah tantangan yang harus bisa diatasi oleh Goku. Yaitu untuk menguasai teknik tersebut.

Menguasai teknik ini bukanlah hal yang mudah. Menurut Whis, bahkan Beerus sekalipun belum mampu menguasainya. Terutama saat beralih dari keadaan bertahan untuk kemudian menyerang balik lawan.

Karena saat seseorang akan menyerang, mereka akan cenderung memikirkan serangan apa yang paling efektif.

Dalam menggunakan teknik ultra instinct, jika ia belum bisa memisahkan antara pikiran dan tubuhnya saat akan menyerang, maka serangannya tidak akan maksimal. Penggunanya harus mampu membuat tubuhnya sendiri yang memutuskan untuk melakukan serangan apa yang paling efektif tanpa harus memikirkannya terlebih dahulu.

Kemungkinan Goku Menguasai Ultra Instinct 100%


Hingga episode 121, Goku diketahui belum bisa melakukan hal tersebut. Ini artinya, sampai saat ini, ultra instinct Goku belum sepenuhnya sempurna.

Sementara, masih ada Jiren yang ia harus kalahkan agar bumi bisa selamat dari penghancuran. Sepertinya, tidak lama lagi Goku akan mampu menggunakan UI dengan kekuatan penuh 100%, mengingat Jiren pastinya tidak akan bisa dikalahkan begitu saja dengan kekuatan yang masih setengah-setengah.

Maka, bisa dipastikan hanya menunggu episode-episode tersisa saja dari turnamen kekuatan, Goku dimungkinkan akan menguasai teknik baru ini baik untuk bertahan sekaligus menyerang. #Hasbimedia

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar