Selamat Datang di Hasbimedia.com
Menjadikan Facebook Sebagai Sarana untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan dari Rumah

Menjadikan Facebook Sebagai Sarana untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan dari Rumah

Mendapatkan uang lewat facebook menghasilkan uang dari facebookan

Saat ini anda sudah menginjak tahun 2018, sudah saatnya anda lebih memanfaatkan waktu yang sempat terbuang secara percuma pada tahun lalu agar lebih berguna dan menghasilkan sesuatu misalnya uang.

Jika anda, terutama adalah seorang ibu rumah tangga yang hobi menghabiskan waktu berlama-lama di facebook untuk sekedar membaca status teman, berkomentar, berbagi kiriman dan lain sebagainya, sekarang adalah saatnya waktu yang anda habiskan tersebut digunakan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Dengan begitu, tidak hanya bisa menghabiskan waktu bercengkrama dengan teman facebook yang sudah anda kenal, liat status-status lucu dan curhatan kegalauan teman, akan tetapi anda juga bisa mendapatkan uang untuk menambah-nambah uang jajan anak dan belanja anda sambil ber-facebook ria.

Sebab, facebook saat ini sudah bukan hanya sebagai tempat orang untuk berkeluh kesah ataupun berbagi momen kebahagiaan, tetapi sudah lumrah digunakan sebagai alat berbisnis secara online salah-satunya adalah dengan menjual berbagai barang kebutuhan dan lainnya melalui akun facebook pribadi ataupun lewat grup-grup jual beli yang bertebaran dengan anggota aktif yang juga sangat banyak sehingga terdapat potensi besar agar barang jualan anda laku keras serta menambah pelanggan ke olshop yang anda buat nanti.

Berjualan di facebook menjadi bisnis rumahan yang menjadi pilihan nomer satu bagi beberapa orang terutama ibu-ibu muda yang ingin mempunyai income pribadi di luar nafkah yang diberikan oleh suami.

Bukan cuma untuk ibu-ibu muda menggemaskan, anda yang masih single dan berusia cukup muda tidak ada salahnya mencoba bisnis berjualan di facebook yang bisa dilakukan di rumah selepas kegiatan dan aktivitas baik itu setelah bekerja, sekolah, atau kuliah. Modal awal untuk berjualan di facebook ini adalah kemauan dan tak perlu gengsi.

Untuk masalah ketersediaan barang yang akan anda jual, anda tidak perlu pusing-pusing memikirkannya sendiri dengan misalnya bertanya "bagaimana saya mendapatkan barang yang akan saya jual?" , atau "dari mana dan apa yang akan dijual, serta modalnya berapa?". Soalnya, ada banyak suplier-suplier atau pedagang-pedagang yang sudah besar dan sudah punya nama, menyediakan stok barang untuk anda jual kembali sebagai reseller. Jika anda memang belum memiliki modal, silakan mencoba berjualan terlebih dahulu sebagai dropshipper.

Untuk menemukan supplier barang yang ingin anda jual, anda bisa mencarinya di grup-grup jual beli di facebook kemudian mengontaknya secara pribadi dan menanyakan apakah saya mungkin boleh membeli barang mereka untuk dijual kembali sehingga mendapatkan harga lebih murah daripada customer atau pembeli biasa.

Tetapi, sebelum memutuskan memilih supplier untuk barang yang akan anda jual, pastikan terlebih dahulu apakah mereka amanah. Anda bisa mencari tahu lewat testimoni, biasanya di upload di galeri foto mereka. Atau bisa juga dengan melihat komentar customer di postingannya, dan lihat apa kesan dari para customer kepada calon supplier anda.

Ada banyak sekali ide barang apa yang sebaiknya anda jual, mulai dari produk kecantikan seperti krim wajah, obat jerawat, alat-alat kecantikan, obat herbal, fashion seperti pakaian, baik untuk pria atau wanita dan juga anak-anak.

Selanjutnya, jika anda sudah memutuskan apa yang akan anda dagangkan, saatnya anda mulai berjualan. Tentunya, setelah anda mendapatkan supplier yang dirasa amanah, nyaman dan anda juga berasa aman untuk bertransaksi dengan mereka.

Oh iya, untuk percobaan atau mengetes pasar, anda bisa mencoba dulu menjual sebagai dropshipper, seperti yang saya katakan sebelumnya, yaitu anda hanya berperan sebagai perantara menjualkan barang milik orang lain. Sebelum nantinya anda mengeluarkan modal sendiri. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah jenis barang yang anda jual memiliki banyak peminat ataukah malah sepi pembeli.

Sementara, untuk alat lain yang anda butuhkan guna memulai profesi anda sebagai seller online shop anda di facebook kurang lebih diantaranya :

1. Akun facebook

Akun facebook yang anda butuhkan untuk berjualan bisa dari akun dengan nama pribadi ataupun akun facebook dengan nama online shop yang ingin anda gunakan. Sesuaikan saja dengan keinginan anda.

2. Kontak yang bisa dihubungi.

Persiapkan kontak yang bisa dihubungi oleh pembeli yang nantinya akan bertanya tentang barang yang anda jual atau ingin memesan. Boleh BBM, Whatsapp, Line, dsb.

3. Rekening Bank

Anda bisa memilih bank mana yang anda ingin gunakan untuk proses transaksi yang sudah pasti. Gunakan saja layanan bank terdekat di tempat anda.

Jika poin-poin di atas sudah terpenuhi, sekarang saatnya anda menggunakan akun facebook anda untuk mulai menghasilkan laba melalui proses promosi.

Promosi barang yang anda jual bisa melalui berbagai cara. Pertama, anda bisa menambahkan teman yang sekiranya bakalan memiliki minat terhadap produk yang akan anda jual.

Anda bisa menemukannya di grup-grup atau fanspage yang berkaitan dengan produk yang akan anda jual. Misalnya anda menjual obat herbal, anda bisa mencari dan menambahkan teman di grup yang membahas tentang kesehatan, dsb. Selain itu, anda bisa juga menambahkan teman dari grup-grup jual beli yang eksis di facebook.

Perhatikan postingan jualan orang lain di grup yang anda masuki, kemudian tambahkan orang-orang yang berkomentar dan memberikan like pada postingan produk yang sejenis dengan barang yang akan anda jual.

Atau bisa juga melakukan promosi dengan langsung membuat postingan atau menjual di grup tersebut. Tapi satu hal yang perlu diingat sebelum membuat postingan jualan adalah terlebih dahulu baca aturan grup tempat anda bergabung dan jangan melanggar ketentuan yang telah diatur di dalam grup tersebut jika tidak ingin ditendang keluar.

Selain cara di atas, anda juga bisa berpromosi atau memasarkan barang jualan anda dengan cara beriklan di facebook itu sendiri. Biaya untuk beriklan di facebook tidak terlalu mahal. Anda bisa menentukan sendiri jumlah uang yang ingin di investasikan untuk iklan dan biaya tersebut juga akan menentukan perkiraan jumlah orang yang akan melihat produk anda.

Tapi idealnya bagi yang baru pertama berjualan alangkah baiknya untuk melakukannya secara manual dengan usaha sendiri.

Sekarang, anda bisa mulai menghitung penghasilan anda setiap bulan, minggu, bahkan setiap hari jika anda tekun, konsisten dan sabar dalam berbisnis online berjualan di facebook. Saatnya mengubah kebiasaan menjadi uang.

Yang tadinya anda hanya menghabiskan waktu berlama-lama di facebook tanpa ada hasil apa-apa, sekarang pundi-pundi uang bisa mengalir ke rekening bank anda sambil berfacebook ria. Selain asik facebook-an, sekarang anda bisa mendapatkan uang dari facebook tanpa harus kemana-mana.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar