Selamat Datang di Hasbimedia.com
Mengapa Iklan Adsense Saya Tidak Tampil atau Blank Padahal Sudah Dipasang dengan Benar? Mungkin Inilah Alasannya

Mengapa Iklan Adsense Saya Tidak Tampil atau Blank Padahal Sudah Dipasang dengan Benar? Mungkin Inilah Alasannya

Mengapa Iklan Adsense Saya Tidak Tampil atau Blank Padahal Sudah Dipasang dengan Benar? Mungkin Inilah Alasannya

Full approved Adsense adalah hal terbaik yang bisa didapatkan oleh para blogger selain tentunya pengunjung blog. Sebab, periklanan milik Google ini menjanjikan potensi pendapatan atau penghasilan sampingan yang sangat menggiurkan.

Apalagi setelah mengetahui banyak sekali blogger baik di Indonesia maupun dunia bisa hidup enak dan banyak uang dengan hanya mengandalkan gaji dari Google Adsense setiap bulannya. Pokoknya, Adsense menjanjikan income terbaik yang bisa diperoleh dari internet.

Setelah seseorang diterima dalam jaringan periklanan Adsense, secara otomatis ia sudah terhubung dengan Google sebagai publisher mitra iklan Google dan berkesempatan memperoleh penghasilan setiap bulan tergantung performa blog atau website yang dikelolanya. Semakin banyak visitor atau pengunjung, makan pendapatan dari Google Adsense bisa semakin besar.

Langkah awal setelah menjadi mitra Google Adsense adalah menerapkan kode iklan yang telah disediakan pada blog. Ada banyak jenis iklan yang disediakan oleh Adsense mulai dari berupa iklan teks, link, gambar, infeed, in article, page level ads, matched content dengan berbagai ukuran yang bisa disesuaikan.

Jika kode iklan sudah terpasang, maka iklan sudah bisa dilihat di halaman blog.

Namun, bagi para publisher baru, terkadang mereka kebingungan karena iklan tidak tampil atau hanya berupa ruang kosong atau tampilan blank padahal kode iklan sudah mereka terapkan dengan benar sesuai petunjuk yang mereka baca.

Lalu, mengapa hal ini bisa terjadi? Dalam menghadapi masalah ini, sebaiknya jangan panik terlebih dahulu. Sebab, ada beberapa kemungkinan sederhana mengapa iklan dari Adsense tidak muncul.

Soalnya, iklan Adsense yang baru saja dipasang menurut pengalaman saya, butuh waktu beberapa saat sampai iklan tersebut bisa benar-benar tampil. Jadi, bersabarlah sebentar, tunggu 10 sampai 20 menit untuk google mengaktifkan iklan dan menyesuaikan jenis iklan yang relevan sesuai tema serta kata kunci yang terdeteksi di laman blog anda.

Faktor kedua yang menjadi penyebab iklan tidak tampil atau blank, bisa dikarenakan loading blog yang lambat. Ketika blog berat dalam proses loading, biasanya iklan menutup kembali dan tidak dimunculkan atau memang proses loading yang terlalu lama serta memberatkan membuat browser mengoptimalkan halaman dengan menghentikan proses pemuatan iklan.

Jadi saran dari saya, gunakanlah template yang mempunyai kecepatan bagus di Google Pagespeed atau GTmetrix. Usahakan, proses loading tidak memerlukan waktu lebih dari 1 detik.

Dan yang terakhir yang saya ketahui, penyebab iklan adsense blank atau tidak muncul adalah karena isu yang saat ini sedang ramai dan diperbincangkan. Yaitu masalah Ads.txt.

Jika ada notif Ads.txt di dashboard Adsense anda, segera pasang opsi tersebut di blog anda.

Ketiga faktor tersebut adalah beberapa penyebab yang sejauh ini saya ketahui yang menjadi alasan mengapa iklan adsense blank atau tidak muncul di blog padahal kode iklan sudah dipasang dengan cara yang benar.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar