Selamat Datang di Hasbimedia.com
Apa itu COD ? Bagaimana Cara Kerja, Kekurangan, dan Kelebihannya

Apa itu COD ? Bagaimana Cara Kerja, Kekurangan, dan Kelebihannya

Apa sih itu Cod


COD merupakan singkatan dari Cash on Delivery. Ialah sebuah metode transaksi dalam jual beli dengan pelunasan barang atau pembayaran dilakukan pada saat barang sampai ke tangan pembeli.

Semakin pesatnya teknologi mengakibatkan semakin banyaknya bisnis jual beli atau perdagangan yang dilakukan secara online. Hal ini membuat masyarakat mempunyai banyak pilihan dalam melakukan pembayaran barang yang mereka pesan kepada penjual online tersebut.  Seller kebanyakan adalah pedagang yang menjual barang mereka di online shop, seperti misalnya bukalapak, lazada, shopee, tokopedia, atau di sosial media seperti facebook, instagram, dan lain sebagainya.

Tidak seperti proses transaksi jual beli pada umumnya, dengan pembeli melakukan pembayaran secara online melalui transaksi bank atau pembayaran non tunai lainnya, COD (Cash on Delivery) mengharuskan penjual mengirim barang yang dipesan customer terlebih dahulu dan baru menerima pembayaran ketika bertemu pembeli secara langsung.

Dalam hal ini, penjual dapat melakukan transaksi COD langsung dengan calon pembeli atau bisa juga lewat layanan jasa pengiriman yang menawarkan paket tersebut.

Transaksi secara COD bisa dikatakan merupakan opsi yang sangat baik bagi penjual.

Apalagi jika mereka adalah perusahaan yang baru lahir atau penjual baru yang belum dikenal dan tidak memiliki cukup kredibilitas di mata customer.

Dengan cara COD, pembeli akan lebih percaya diri untuk mau bertransaksi dengan pihak seller karena menawarkan pembayaran ketika barang telah mereka terima.

Lebih dari itu, biasanya para pembeli yang memilih untuk bertransaksi secara COD adalah mereka yang tidak begitu paham dengan transaksi online atau untuk satu dua alasan cenderung tidak terlalu mempercayai online shop.

Selain itu, COD juga memberikan keleluasaan bagi pembeli untuk mengecek kondisi barang yang akan diterima apakah sesuai dengan yang diharapkan dan transaksi secara COD aman dari penipuan.

Jadi, COD (Cash on Delivery) memberikan  kebaikan bagi penjual dan pembeli.

Bagi penjual, menawarkan pembayaran saat barang sampai di tangan pembeli dapat meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan sehingga lebih banyak pelanggan baru dan pada akhirnya dapat meningkatkan penjualan.

Sementara bagi pembeli, cara ini memberikan rasa aman dan kepastian akan kondisi serta kualitas barang yang akan mereka dapatkan.

Akan tetapi, selain memiliki kelebihan, bertransaksi dengan cara ini juga ada kelemahannya.

Seperti misalnya pembeli secara sepihak membatalkan transaksi atau bahkan tidak hadir ditempat yang ditentukan untuk melakukan transaksi.

Atau dibeberapa kasus yang tidak melibatkan jasa pengiriman, malah seller yang tidak hadir karena tidak jadi menjual barangnya atau cuma seller iseng.

Jadi, kesimpulannya yang dimaksud dengan COD (Cash on Delivery) adalah  transaksi jual beli dimana pembayaran dilakukan oleh pembeli ketika penjual telah memberikan barang yang ia jual ke tangan pembeli.

Singkatnya barang sampai baru bayar.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar