Selamat Datang di Hasbimedia.com

Daftar Urutan 10 Negara-Negara Terkaya di Dunia


10. Austria


Rata-rata negara-negara kaya di dunia menetapkan nilai pajak tinggi kepada penduduknya termasuk tentunya Austria. Penduduk Austria menanggung pajak hingga 50 persen.

Rata-rata penduduk negara ini memiliki pendapatan perkapita sebesar kurang lebih 42 ribu US dollar. Pemerintah Austria sangat mendukung pembangunan dan kesejahteraan.

Pemerintahannya juga memiliki kontrol atas berbagai macam industri minyak, gas, metal, dan manufaktur. Selain masyarakatnya yang sejahtera,  negara ini memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa.

9. Kuwait


 Nama Kuwait diambil dari Bahasa Arab yang berarti benteng yang dibangun dekat air. Kuwait adalah Negara dengan bentuk pemerintaha monarki yang sangat kaya akan minyak utamanya di daerah pesisir teluk Persia.

Bahkan pendapatan perkapitanya mencapai 43.864 US Dollar. Negara Timur Tengah ini bertetangga dengan Arab Saudi dan Irak di Selatan dan Utara.  Keamanan dan privasi di Kuwait sangat ketat. Semua nomer telepon rumah dan seluler terdaftar secara resmi untuk mencegah penyalahgunaan.

Bagi para pria yang belum tahu, disarankan untuk tidak melihat wanita yang bukan muhrimnya lebih dari dua detik karena wanita di Kuwait sangat sensitif dan bisa melaporkan Anda kepada polisi.

8. Swiss


Negara yang terkenal dengan keindahan pegunungan Alpen ini, memiliki pendapatan perkapita sekitar 45 ribu US Dollar. Negara ini merupakan negara federal yang berbatasan langsung dengan Jerman, Italy, Perancis dan Austria.

Kualitas hidup di Swiss termasuk yang terbaik di dunia dan beberapa kotanya pun menjadi kota penting yang menjadi tujuan berbagai negara di dunia.

Contohnya Zurich kota terbesar di Swiss, Bern ibukota Swiss dan Genewa yang menjadi lokasi dari berbagai markas besar organisasi dunia seperti PBB, WHO, UNHCR.  Swiis dipandang sebagai negara yang netral dalam sejarah pada baik itu pada masa-masa perang dan masa-masa damai sehingga menjadi salah satu alasan utama negara ini dijadikan tempat berbagai organisasi internasional dunia.

Sistem pemerintahannya juga sangat bagus dan mencerminkan keragaman penduduknya.

7. Uni Emirat Arab


Sebelumnya UEA ini adalah negara yang gersang dan misikin. Namun sejak dekade ke 5 negara ini menjadi negara yang kaya dengan melimpahnya minyak bumi yang dimiliki.

Meskipun termasuk sebuah negara yang memiliki daratan yang gersang, dan padang pasir serta gunung-gunung, letaknya yang strategis menjadikan UEA menjadi persinggahan ekspor dan impor minyak dunia. Saat ini UEA adalah negara kedua terkaya di Arab setelah Qatar.

6. Amerika Serikat


Di urutan kelima negara terkaya di dunia ada Amerika Serikat. Negara adidaya ini memiliki penduduk dengan pendapatan perkapita mencapai kurang lebih 48 ribu US Dollar.

Amerika adalah negara paling multikultural dan multi etnis. Karena menjadi negara tujuan pendatang dari berbagai negara di dunia yang kemudian menetap untuk berbagai urusan seperti bisnis, politik, pendidikan, dan lain sebagainya.

Luas wilayahnya mencakup 3.7 juta mil persegi yang menjadikan Amerika sebagai negara terluas ketiga dengan jumlah penduduk 315 juta jiwa yang menjadikannya jumlah penduduk terbanyak ketiga di dunia.

5. Brunei Darussalam


Brunei adalah negara hujan hutan tropis yang terletak di sisi utara Borneo Indonesia. Negara ini memiliki indeks pembangunan manusia tertinggi kedua se Asia setelah Singapura. Termasuk sebagai negara yang kaya dengan PDB perkapita 50.526 US Dollar dan sangat menjamin kesejahteraan penduduknya.

Biaya pendidikan di sini digratiskan dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Bahkan gaji sebagai satpam di sana setara dengan gaji pegawai negeri di Indonesia yaitu 5 hingga 7 juta perbulan.  Majalah ekonomi dunia Forbes menempatkan Brunei sebagai negara terkaya kelima dari 108 negara karena memiliki kekayaan alam minyak dan gas bumi yang luas.

Negara berbentuk monarki absolut Islam ini sangat terkenal akan kemakmuran dan ketegasan dalam menjalankan syariat Islam baik pemerintahannya maupun kehidupan bermasyarakat.

4. Norwegia


Di Urutan keempat negara terkaya di duniaaadalah Norwegia. Negara yang terkenal akan keindahan alam dan gunung-gunungnya ini, memiliki pendapatan domestik bruto di kisaran 55.300 US Dollar.

Memiliki luas sekitar 385 km persegi dengan jumlah populasi penduduk sebesar 4.9 juta jiwa menjadikan Norwegia sebagai negara dengan kepadatan penduduk paling rendah kedua di daratan Eropa. Cadangan minyak bumi, gas, mineral, makanan laut dan air segar yang kaya membuat negara ini termasuk negara yang subur dan makmur.

Dengan cadangan minyak dan gas alan yang melimpah, Norwegia menjadi negara penghasil minyak dan gas terbesar di luar negara Arab. Ada yang menarik dari Norwegia di bagian utara yang dijuluki tanah matahari tengah malam karena di musim panas matahari tak pernah tenggelam begitu juga musim dingin matahari tak pernah muncul.

3. Singapura


Negara tetangga Indonesia ini dinobatkan sebagai negara dengan indeks kualitas hidup terbaik nomor satu di Asia. Hal itu karena memang taraf hidup di Singapura sudah sangat tinggi  dengan pendapatan perkapita 60.800 US dollar kurang lebih.

Dengan luas wilayah yang cukup sempit, Singapura dikenal sebagai pusat keuangan terdepan nomor 4 di dunia yang mempunyai peran penting dalam perdagangan dan keuangan internasional. Singapura juga merupakan negara yang bersih, rapi, dan teratur.

2. Luxemburg


Luxemburg merupakan salah satu negara terkecil di Eropa dengan luas sekitar 2856 km persegi. Meski luas wilayahnya kecil, Luxemberg ada di jajaran negara paling kaya di dunia dengan PDB perkapita sebesar 80. 679 US Dollar.

Ekonomi Luxemburg sangat stabil dengan pendapatan tinggi, inflasi dan tingkat pengangguran yang sangat rendah. Sektor industrinya didominasi oleh baja, kimia dan karet. Di sektor jasa, perbankan menjadi penyumbang terbesar dalam sektor ekonomi.

Sementara untuk sektor agrikultural tertumpu pada pertanian-pertanian kecil yang dimiliki oleh keluarga-keluarga. Luxemburg juga termasuk sebagai salah satu negara yang bersih dan bebas dari praktik korupsi dan nepotisme.

1. Qatar


Qatar pantas dinobatkan sebagai negara dengan status sebagai negara paling kaya di dunia. Negara di semenanjung Arab ini memiliki tingkat PDB perkapitanya di kisaran 102 ribu US Dollar. Perekonomian Qatar fokus pada perikanan dan mutiara.

Namun sejak munculnya pembudidayaan mutiara dari Jepang pada 1920-1930an, industri mutiara di negara Qatar jatuh. Perubahan ekonomi terjadi pada 1940 sejak penemuan kandungan minyak bumi yang melimpah.

Qatar adalah pemasok kebutuhan minyak dan gas bumi dunia dengan cadangan minyak diperkirakan sebanyak 15 miliar barel. Sehingga rakyat Qatar memiliki tingkat kesejahteraan dan kemakmuran tinggi.

Itulah daftar negara terkaya di dunia yang kebanyakan sumber kekayaannya adalah berasal dari kekayaan alamnya yaitu minyak dan gas bumi.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar