Selamat Datang di Hasbimedia.com
Belajar Sepeda Motor Tapi Ga Bisa Sepeda. Tentu Bisa!!! (Pengalaman)!!!

Belajar Sepeda Motor Tapi Ga Bisa Sepeda. Tentu Bisa!!! (Pengalaman)!!!

Belajar sepeda motor matic


Belajar sepeda motor itu cukup mudah ko, meskipun sobat pembaca tidak bisa mengendarai sepeda gowes sebelumnya. Jangan terpengaruh dengan omongan orang yang mengatakan, jika sobat tidak bisa mengendarai motor sebelum bisa bersepeda terlebih dahulu.

Memang benar ada keuntungan bagi mereka yang bisa bersepeda sebelumnya. Sebab, keseimbangan saat mencoba sepeda motor tentunya lebih baik dan karenanya mereka akan lebih cepat bisa  berbeda halnya dengan sobat yang ga bisa naik sepeda sama sekali. Walaupun begitu sobat tak perlu pesimis. Untuk belajar mengendarai sepeda motor sobat tidak harus memaksakan untuk belajar sepeda gowes terlebih dahulu. Sobat bisa langsung mencoba dengan sepeda motor dengan catatan harus ada pendamping yang sudah mahir dan nantinya membimbing sobat serta memberi arahan.

Mengapa saya sangat yakin mengatakan hal ini? Sebab saya juga waktu belajar motor sama sekali tidak bisa bersepeda.

Saya benar-benar tidak pernah belajar bersepeda sama sekali jadi nol banget benar - benar ngga bisa. Pernah sih belajar cuma sekali dan tidak pernah belajar lagi.

Jadi, bagi sobat yang juga ingin bisa mengendarai sepeda motor tetapi pesimis untuk belajar karena tidak bisa bersepeda sebelumnya tidak usah khawatir. Sobat bisa belajar langsung dengan motor.

Memiliki kendaraan saat ini sudah seperti kebutuhan bukan lagi menyoal masalah gengsi pribadi semata. Orang-orang lebih mudah bepergian jika mereka memiliki kendaraan pribadi dan waktu tempuh ke suatu tempat juga bisa dipersingkat. Kendaraan bermotor adalah alat transportasi yang paling banyak digemari saat ini. Saking banyaknya jalanan tak pernah sepi dari seliweran si roda dua ini.

Belajar mengendarai kendaraan roda dua tidaklah begitu sulit. Yang terpenting adalah sobat harus terbiasa mengendarainya. Jangan terjebak dengan anggapan jika sobat tidak bisa bersepeda maka sobat tidak akan bisa mengendarai sepeda motor. Anggapan tersebut 100 persen salah. Sobat bisa belajar tanpa harus memiliki skill mengendarai sepeda gowes.

Kuncinya adalah sobat mau belajar dan tidak malu belajar terutama jika sobat saat ini sudah berumur cukup tua untuk  belajar. Ingat, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.

Jangan pernah minder melihat bocah atau emak-emak yang sudah mahir sementara sobat sepeda gowes pun ngga bisa. Sobat pembaca sekalian bisa mulai belajar dari mulai sekarang meskipun memang tanpa skill bersepeda akan lebih sulit untuk menyeimbangkan badan diatas motor nantinya berbeda dengan yang sebelumnya bisa bersepeda pasti lebih mudah, tapi bukan berarti ngga akan bisa hanya masalah waktu saja sampai sobat terbiasa di atas jok motor.

Saya sendiri juga termasuk orang yang belajar motor tapi ngga bisa sepeda.

Dari pertama kali memegang motor sampai bisa menjalankannya hanya butuh 5 kali latihan x 1 jam saja.

Memang kali pertama menarik gas saja kadang kaget dengan suara mesin.

Dikira motor akan melaju ternyata tarikan gas masih kurang. Atau dikira narik gas sedikit padahal sudah full jadinya tubuh tertarik motor hingga oleng dan mau jatuh ke samping tapi karena kaki udah napak ke tanah, motor masih bisa berdiri sebab masih bisa ditahan.

Jadi saya sarankan di hari pertama belajar jangan langsung jalankan motornya tapi belajar ngatur gas terlebih dahulu agar tau tarikan handle gas yang pas dengan cara standar berdirikan motor. Terus saja belajar memainkan gas untuk membuat sobat terbiasa, juga agar nanti tidak panik ketika mendengar raungan gas saat motor akan mulai melaju. Soalnya kalo baru pertama kali menarik gas dan kaget sama raungan mesin takutnya sobat akan panik dan malah tancap gas mengakibatkan motor melaju tak terkendali dan sobat bisa jatuh bersama motor. Jadi, pada pertemuan pertama yakni pada hari pertama lebih baik melakukan perkenalan dulu dengan tuas gas. Coba belajar mengatur gas dengan cara tarik dan kendorkan gas sampai sobat menemukan ritme kira-kira bagaimana tarikan yang cukup dan pas agar motor melaju dengan konstan. Jika sudah dirasa hapal dengan ritme gas ada baiknya sobat langsung coba menjalankan motor.

Saya sendiri langsung mencoba mengendarai motor pada hari pertama dan hasilnya ya karena masih merasa canggung, cemas dan gugup membuat motor melaju oleng tak tentu arah.

Selalu mau jatuh ke samping karena memang masih belum menemukan keseimbangan antara badan dengan motor saat melaju. Di hari pertama ini selama belajar kurang lebih 1 jam, saya belum bisa membuat motor melaju lurus dengan seimbang. Jarak 2 meter saja motor sudah mau jatuh terus ke samping, posisi badan di atas motor ketika melaju selalu goyah ke kanan dan ke kiri. Hal tersebut saya rasakan bukan hanya karena belum memiliki keseimbangan yang baik tetapi juga disebabkan oleh rasa cemas, panik dan malu dilihat orang karena baru belajar motor padahal umur sudah lumayan.

Hari pertama baru sebatas berkenalan dengan gas belum bisa membawa motor melaju bahkan untuk jarak 2 - 3 meter pun selalu saja seperti akan jatuh kesamping. Oh ya pada hari atau pertemuan pertama ini teman saya memegang buntut motor setiap kali saya menarik gas untuk menjaga agar tidak jatuh. Latihannya pun cuma maju lurus pada jarak kurang lebih 5 meter.

Seminggu kemudian setelah latihan kali pertama, saya berlatih kembali dengan durasi sekitar 45 menit seperti biasa.

Belum terlihat kemajuan pada hari kedua ini, badan saya belum bisa seimbang sehingga membuat motor selalu oleng tak karuan. Hanya progres kecil tapi cukup lumayan karena saya sudah mulai terbiasa dengan tuas gas dan sudah tidak panik dengan suara gemuruh mesin waktu motor akan mulai berjalan. Sewaktu motor melaju pun masih sama bagian belakang motor dipegangi oleh teman saya.

Seminggu kemudian lagi latihan terus berlanjut, kali ini saya sudah mulai merasa terbiasa dengan sepeda motor dan sudah mulai menemukan keseimbangan waktu melaju. Namun badan masih gerak ke samping masih kaku ga mau diam dan masih sering mau jatuh.

Pertemuan ke empat dan kelima saya mulai bisa seimbang dan bisa membawa motor semakin jauh hanya saja masih kagok dengan rem dan belum menemukan ritme gas agar motor melaju dengan kecepatan yang konstan.

Seminggu selanjutnya di pertemuan ke enam akhirnya saya benar-benar bisa membawa motor melaju dengan kecepatan yang saya mau yang artinya saya sudah bisa mengatur gas dan melakukan pengereman dengan cukup baik tinggal terus belajar sehingga akan terbiasa.

Bagi sobat yang juga mau mulai belajar motor jangan merasa minder dikarenakan sobat tidak bisa bersepeda sehingga mengurungkan niat untuk belajar. Kuncinya jangan malu dan minder, kalau pun merasa malu karena merasa usia sudah lumayan sebaiknya cari tempat yang benar - benar sepi untuk belajar.

Agar memudahkan sobat saat belajar saya punya beberapa tips belajar sepeda motor agar cepat mahir berdasarkan pengalaman saya sendiri.

1. Cara memegang handle gas. Posisi tangan saat memegang handle gas pergelangan tangan  sebaiknya sejajar dengan kepalan tangan jangan terlalu mendongak kebawah agar tidak terlalu dalam saat menarik handle gas.

2. Tangan tidak boleh kaku. Bagi yang pertama kali memegang motor terutama sobat yang tidak bisa sepeda juga akan merasa bingung mungkin apakah tangan harus ditenagakan saat memegang setang motor. Untuk menjaga motor tetap seimbang untuk melaju cobalah titik beratkan tenaga tangan sobat di bagian tangan yang memegang gas atau di tangan kanan sementara tangan kiri gunakan untuk menyeimbangkan saja. Artinya untuk menjaga keseimbangan sewaktu menjalankan motor secara pelan - pelan gunakan tangan kanan untuk mengatur arah laju motor biarkan tangan kiri untuk menahan saja.

3. Saat motor akan mulai melaju. Ketika pada saat posisi diam dan sobat menarik gas dan motor mulai maju jangan dulu menaikkan kaki tunggu jarak 1 meter atau sampai sobat sudah merasa seimbang terlebih dahulu dan jangan turunkan kaki ketika motor melaju karena merasa sudah seperti mau jatuh. Itu artinya sobat tidak seimbang karena tarikan gas kurang atau kecepatan terlalu rendah. Jika mau berhenti gunakan saja rem.

4. Saat akan berhenti. Sebisa mungkin sobat jangan menurunkan kaki ke tanah sewaktu melaju. Oleng ketika belajar mungkin disebabkan karena tarikan gasnya kurang. Bila mau menginjakkan kaki ke tanah gunakan rem terlebih dahulu dan ketika motor sudah berhenti barulah turunkan kaki, sebab motor tidak akan jatuh ke samping sampai motor benar-benar berhenti jika kecepatannya cukup.

Tips yang terakhir teruslah belajar sampai sobat terbiasa karena lama kelamaan juga sobat akan menemukan keseimbangan sendiri dan dapat mengendarai motor dengan lancar seperti saya. Bisa itu karena terbiasa jangan termakan omongan orang yang berbicara jika mau belajar atau bisa mengendarai motor harus bisa sepeda dulu atau harus belajar sepeda gowes dulu. Toh saya pun bisa apalagi Sobat.

Oh ya, motor juga lebih direkomendasikan pakai motor mio yang lama mio smile karena terasa lebih ringan dari misalnya honda beat karbu yang biar terlihat ramping namun berbobot seperti yang sudah saya coba waktu belajar agar lebih memudahkan waktu latihan belajar mengendarai motor apalagi bagi sobat yang ga bisa sepeda.

Terima kasih dan semoga cepat bisa!

Gambar : Courtesy of motorgantengdotcom

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar