Selamat Datang di Hasbimedia.com
Cara Menggunakan Whatsapp Bagi User Pemula

Cara Menggunakan Whatsapp Bagi User Pemula

Gambar logo whatsapp

Menggunakan WA - Whatsapp adalah sebuah aplikasi untuk melakukan chatting, mengirim pesan instan baik itu berupa teks, foto, ataupun video.

Selain untuk saling berkirim pesan, Whatsapp bisa juga dikatakan sebagai jejaring sosial sebab kita bisa berbagi status teks video dan foto juga layaknya instagram dalam bentuk feed yang akan hilang dalam rentang waktu tertentu.

Whatsapp kini semakin populer bahkan bisa dibilang merupakan aplikasi perpesanan yang paling populer diantara aplikasi serupa lainnya.

Dengan adanya WA mengirim pesan hanya memerlukan data internet tanpa menggunakan biaya pulsa seperti SMS konvensional yang mulai ditinggalkan saking banyaknya pengguna smartphone baik itu Android, Apple, dsb.

Menggunakan Whatsapp atau WA sangatlah mudah karena fitur dan tampilannya yang simple serta sederhana.

Meskipun sebagai pengguna baru sobat sama sekali tidak akan kesulitan menggunakan berbagai fungsi yang disediakan di dalam aplikasi seperti misalnya bagaimana mengirim pesan, menambahkan kontak, atau juga mengirim status untuk dibagikan ke kontak.

Meski begitu, mungkin ada sebagian sobat yang masih bingung bagaimana cara mengoperasikan fungsi-fungsi tersebut.

Maka dari itu di sini akan dijelaskan secara singkat bagaimana cara menggunakan whatsapp khususnya bagi user yang benar-benar pemula seperti misalnya sobat pembaca yang baru pertama kali memakai ponsel android.

Sebelum memasuki inti dari pembahasan pada artikel ini, ada baiknya kita membahas terlebih dahulu cara memasang aplikasi wa di android.

Untuk menggunakan layanan aplikasi ini, sobat bisa mendownloadnya langsung melalui google playstore.

1. Buka google playstore.

2. Pada kolom pencarian, ketik whatsapp

Mendownload whatsapp apk terbaru lewat google playstore

3. Pilih aplikasi lalu klik instal dan tunggu hingga proses instalasi selesai dilakukan.

4. Setelah proses pemasangan aplikasi dinyatakan berhasil, kemudian buka aplikasi wa yang sudah ada pada ponsel alias sudah terpasang.

Sebelum bisa mengirim pesan melalui WA, ada proses pendaftaran terlebih dahulu yang harus dilalui step by step.

Ikuti setiap langkah yang diinstruksikan mulai dari persetujuan untuk menggunakan layanan, sampai mendaftarkan nomor hape yang akan digunakan sebagai kontak kita nantinya.

Tampilan whatsapp pertama kali dibuka
Mendaftarkan nomer hape di wa

Jika sudah, sekarang sobat sudah bisa menikmati berbagai layanan yang disediakan.

Cara mengirim pesan kepada kontak WA


1. Pilih tab “CHAT”. Otomatis saat membuka wa. Lihat Gambar!

Memulai mengirim pesan atau chatting di whatsapp

2. Pilih ikon pesan berwarna hijau di pojok kanan bawah layar. Lihat pada Gambar di Atas!

3. Pilih kontak yang hendak dikirimi pesan atau jika kontak belum ada pada ponsel silahkan pilih “KONTAK BARU” di bagian atas layar. Lihat Gambar!

Memilih kontak di whatsapp yang akan dikirimi pesan

4. Sekarang sobat berada pada layar percakapan. Sobat bisa mengirim pesan teks, foto dengan memilih ikon foto, file dengan memilih ikon peniti, atau mengirim pesan suara dengan menekan dan tahan ikon mikropon. Lihat Gambar!

Layar percakapan whatsapp

5. Pesan akan dikirimkan jika tersedia akses internet. Pesan yang belum terkirim ditandai dengan tanda ceklis satu dengan warna abu. Biasanya disebabkan karena kuota sobat habis atau penerima pesan tidak memiliki akses internet atau hapenya sedang dalam keadaan off. Pesan yang telah terkirim ditandai dengan tanda ceklis 2 berwarna abu-abu. Ini artinya pesan sudah terkirim tapi belum dibaca oleh penerima sedangkan tanda pesan ceklis dua berwarna biru langit menandakan pesan telah diterima dan dibaca oleh kontak.

Membuat Panggilan Telepon Atau Video


Selain berkirim pesan kita juga bisa melakukan panggilan suara dan video call menggunakan WA caranya :

1. Buka Whatsapp.

2. Pilih tab “PANGGILAN”

3. Pilih ikon telepon di pojok kanan bawah layar atau tampilan WA

4. Silahkan pilih kontak yang dituju

5. Disamping kontak ada ikon panggilan suara dan video call. Pilih yang akan sobat gunakan.

Selain mengirim pesan dan melakukan panggilan suara serta video call, di aplikasi ini juga kita bisa membagikan status baik itu berupa teks, foto, atau video yang bisa ditanggapi oleh kontak yang ada di ponsel.

Sobat juga bisa membuat grup dengan kontak yang tersedia. Caranya sangat mudah pasti sobat akan tau caranya begitu membuka WA.

Oh ya, aplikasi WA ini membaca kontak yang sudah menggunakan aplikasi akan langsung menjadi kontak kita di Whatsapp.

Jadi, apabila kontak pada telepon juga telah menggunakan whatsapp maka mereka akan secara otomatis menjadi kontak kita juga di wa.

Demikian pembahasan singkat bagaimana cara menggunakan Whatsapp bagi user yang benar – benar pemula dan kebingungan ketika akan mengirim pesan atau melakukan hal lainnya. 

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar